Peluang Usaha Ternak yang Mudah Dikelola dan Menjanjikan Keuntungan

Posted on

Peluang usaha ternak di zaman ini mulai kurang diminati, terutama di kalangan milenial. Maraknya bisnis online, terbukti membuat mereka enggan mengenali usaha yang satu ini. Padahal di Indonesia hewan ternak sangat beragam dan menjadi peluang tersendiri bagi pelaku bisnis.

Ditambah lagi dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang relatif besar terhadap hasil dari peternakan itu sendiri. Berkembangnya teknologi yang memudahkan dalam mengelola budidaya ini. Persaingan juga tidak terlalu ketat di bidang ini yang seharusnya membuat anak muda terutama, untuk menggeluti bidang ini.

peluang usaha ternak
leadership.ng

Beberapa Peluang Usaha Ternak yang Mudah Dikelola

Untuk usaha budidaya ternak, setidaknya ada dua indikator.  Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ini, yaitu tingkat kesulitan dalam tata kelola dan tentunya keuntungan yang menjanjikan.

Di sisi lain, kesiapan lahan tempat, alat-alat, serta seluk beluk di dalamnya musti kita pahami pula. Berikut kami jabarkan beberapa jenis  usaha yang menguntungkan dan mudah dalam pengelolaan.

Ternak Lele

Peluang usaha ternak lele tergolong cukup mudah dalam perawatan. Begitu pula waktu panen lele pun relatif singkat. Dalam 3 bulan sejak pertama kali bibit disebar, lele pun sudah siap panen. Proses penjualannya, lele biasanya dijual per kg. Dalam pengelolaannya cukup mudah. Cukup siapkan tempat menampung, tidak harus kolam.

Bisa gunakan tempat alternatif seperti terpal yang sudah disetting buat kolam. Untuk pakan, lele bisa menggunakan pakan konsentrat yang dibeli di toko pakan ternak. Bisa pula menggunakan daun pepaya maupun hewan-hewan kecil.

Tapi kalau lele masih berkisar umur 1 bulan, lebih baik diberikan makanan konsentrat yang dari toko. Lele bagi masyarakat Indonesia, mempunyai daya minat yang kuat. Di pasaran pun lele cukup mudah dalam penjualannya. Begitulah kira-kira gambaran budidaya lele. Nah gimana, cukup mudah bukan?

Ternak Kelinci

Di masa pandemi ini, budidaya kelinci menjadi trend tersendiri bagi beberapa kalangan, kelinci adalah hewan peliharaan yang lucu. Membudidayakannya menjadi peluang usaha ternak. Perawatannya relatif mudah, bisa dimanfaatkan ke dalam beberapa hal, bisa diambil daging.

Bisa dijual, bisa juga diambil kulit dan bulunya. Dari segi perawatan, kelinci merupakan hewan herbivora, yang jelas dari sisi makanan cukup mudah, dengan daun daunan dan beberapa tambahan vitamin makanan.

Untuk tempat pun, kelinci bisa dibuatkan kandang maupun dibiarkan  hidup di kolom sesuai fitrahnya. Dalam perkembangbiakannya, kelinci biasa hamil dalam waktu 1 bulan.

Dalam sekali melahirkan bisa 6 sampai 8 anak. Umur kelinci yang siap beranak kira-kira umur 8-10 bulan sudah siap menjadi induk. Sedangkan untuk menjadi pejantan, usia kelinci minimal berusia 1 tahun.

Di ternak kelinci, secara hemat ada 2 jenis yaitu kelinci hias maupun pedaging, kelinci pedaging jelas pasarnya untuk sate. Penggunaan pakannya jelas lebih boros dari kelinci hias.

Sedangkan kelinci hias mempunyai pasaran tersendiri, yaitu para pecinta kelinci itu sendiri, kita bisa temukan pasarnya di online saat ini. Begitulah kira-kira gambaran beternak kelinci. Dalam waktu yang singkat, kelinci akan berkembangbiak dengan cepat dan akan memberi Anda untung yang besar, silahkan coba peluang usaha ternak ini.

Ternak Kambing

Ternak kambing lebih simpel lagi, cukup siapkan tempat. Makanannya pun banyak tersedia di sekitar kita. Bisa juga dengan makanan buatan manusia, bisa juga digembala di lapangan maupun padang rumput.

Dalam waktu 5-7 bulan kita sudah bisa menjualnya (memanennya) kambing di mata masyarakat kita mempunyai keistimewaan tersendiri. Kambing biasa dimanfaatkan sebagai hewan qurban tahunan, aqiqahan, atau dijual dalam bentuk sate gulai dan tongseng. Menu di atas menu elite masyarakat Indonesia. Jadi tunggu apa lagi. Untuk ternak kambing, proses mudah, kebutuhan konsumen tinggi.

Di atas adalah beberapa contoh peluang usaha ternak yang pengelolaannya cukup mudah dan keuntungannya pun cukup menjanjikan. Tapi perlu diingat pula bahwa dalam proses menjalankan budidaya ini nanti juga akan banyak halangan rintangan. Bila kita terus berinovasi, tidak mudah menyerah, tekun, yakin kita bakal meraih kesuksesan dalam beternak nanti.