3 Usaha di Bidang Pertanian, Modal Kecil Untung Besar

Diposting pada

Siapa bilang, usaha di bidang pertanian kalah saing dengan usaha bidang lainnya? Jenis usaha yang satu ini sangatlah menjanjikan mengingat bahan makanan selalu menjadi prioritas utama bagi semua orang.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, pemasarannya pun semakin mudah dan jangkauan konsumen juga lebih luas. Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapatkan semakin besar dan maksimal.

Usaha di Bidang Pertanian
krishijagran.com

Jenis Usaha di Bidang Pertanian, Modal Kecil Untung Besar

Memulai usaha pertanian, tidak harus menggunakan lahan yang luas. Anda pun juga bisa melakukannya di lahan yang terbatas.

Keuntungan lainnya, Anda juga tidak harus mengeluarkan modal yang terlalu besar. Selain itu, perawatan dan pemeliharaannya juga cukup mudah.

Ada banyak usaha pertanian yang bisa Anda tekuni. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa usaha pertanian yang cocok untuk Anda coba.

Budidaya Sayuran Hidroponik

Sebagian besar masyarakat kita, semakin menyadari pentingnya menjaga pola hidup sehat. Seperti halnya rutin berolahraga, hingga mengurangi konsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia.

Sayuran hidroponik telah menjadi incaran masyarakat sebagai salah satu bahan makanan sehat tanpa kandungan kimia. Dengan kata lain, minat terhadap sayuran hidroponik ini semakin tinggi.

Hal tersebut dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan untuk Anda. Salah satunya dengan memulai usaha budidaya sayuran hidroponik.

Ada banyak jenis sayuran yang bisa Anda budidayakan, misalnya seperti bayam, selada, seledri, dan jenis sayuran lainnya. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Cukup manfaatkan sisa lahan di pekarangan Anda saja.

Mengingat sayuran hidroponik ini lebih sehat daripada sayuran konvensional, tentu saja harganya juga semakin mahal. Sehingga, Anda bisa meraup keuntungan yang lebih besar dengan mudah. Usaha di bidang pertanian yang satu ini sangat menggiurkan bukan?

Produksi Pupuk Berkualitas

Tidak harus selalu budidaya tanaman untuk memulai usaha pertanian. Anda juga bisa menjual media tanamnya, seperti pupuk yang berkualitas.

Usaha pertanian ini tak kalah menguntungkan karena tidak pernah sepi konsumen. Jika budidaya sayuran, buah-buahan, dan jenis tanaman lainnya terus berkembang, maka Anda bisa setiap hari memproduksi dan menjualnya.

Bukan hanya itu saja, baik kota maupun di desa, permintaan pupuk selalu meningkat. Terutama jika musim tanam sudah tiba, para petani akan mencari pupuk tersebut untuk bercocok tanam.

Selain itu, hampir semua jenis tanaman membutuhkan pupuk. Pasalnya, pupuk merupakan salah satu sumber nutrisi bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Berjualan Bibit Tanaman

Usaha di bidang pertanian lainnya yang bisa Anda coba yakni dengan berjualan bibit tanaman. Permintaan bibit tanaman juga selalu berkembang pesat.

Anda bisa berjualan bibit tanaman yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Seperti kedelai, jagung, bayam, cabai, dan bibit tanaman lainnya.

Usaha pertanian ini selain menguntungkan juga memiliki cara perawatan yang mudah dan murah. Sembari merawat dan memelihara bibit-bibit ini agar mulai bertunas dan tumbuh, Anda juga bisa sekaligus melatih kesabaran.

Bahkan, Anda juga bisa mengajak sang buah hati untuk turut berperan. Jadi, selain Anda berbisnis, juga memberikan pelajaran dan pendidikan kepada anak-anak dengan metode yang menarik. Bagaimana, usaha pertanian ini sangat asyik bukan?

Itu tadi beberapa usaha di bidang pertanian yang kami rekomendasikan untuk Anda. Jika Anda memilih untuk merintis usaha ini, tidak hanya keuntungan saja yang didapatkan. Namun, Anda juga berperan untuk menjaga kelangsungan dan memenuhi kebutuhan bahan makanan. Sehingga, tidak akan lagi terjadi kelangkaan pangan.