Begini Cara Memperoleh Modal Usaha Untuk Bisnis yang Baru Dimulai

Diposting pada

Modal merupakan suatu kebutuhan dasar yang paling wajib dimiliki ketika kita ingin membuka usaha. Itu sebabnya, banyak sekali wirausaha mencari cara memperoleh modal usaha.

Begini Cara Memperoleh Modal Usaha Untuk Bisnis yang Baru Dimulai
pixabay.com

Ketahui Cara Memperoleh Modal Usaha Bagi Startup yang Baru Menggeluti Usahanya

Modal memang bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memulai dan membuat sebuah usaha. Perlu ada ide, skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, tenaga kerja, dan lain-lainnya. Dari hal-hal yang telah disebutkan di atas, modal tetap memiliki peranan pokok dan paling penting.

Ketersediaan modal menjadi sebuah pondasi awal bagi sebuah perusahaan yang hendak Anda bangun. Terdapat banyak sekali bentuk modal, seperti uang atau aset, pengetahuan mengenai usaha tersebut, pengalaman, keberanian, serta networking. 

Perihal uang ataupun aset, dewasa ini masih banyak sekali calon pengusaha menemukan kendala besar dalam mendapatkannya. Berikut ini beberapa alternatif cara memperoleh modal usaha bagi Anda yang hendak memulai usaha dalam skala kecil, menengah, maupun perusahaan besar

Memperoleh Modal Dengan Menggunakan Dana Sendiri

Beberapa orang memutuskan memulai bisnis mereka dengan memperoleh modal dari dana yang mereka miliki. Dana tersebut bisa berasal dari tabungan, aset keluarga, maupun pribadi.

Memang tidak ada salahnya sedikit berkorban untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Anggap saja, ini merupakan investasi jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar lagi setelah usaha yang telah Anda jalani berhasil.

Mencari Dana Hibah dari Perusahaan

Pendanaan usaha baru dapat juga Anda peroleh dari dana hibah perusahaan, baik dari perusahaan pemerintah maupun swasta. Saat ini, perusahaan yang sudah besar biasanya memiliki budget ataupun anggaran tersendiri guna membantu membangun perekonomian masyarakat sekitar maupun masyarakat secara umum dengan menyalurkan dana modal usahanya melalui CSR (Corporate Social Responsibility).

Sebagai teknis penyaluran dana, biasanya dalam bentuk event competition. Oleh sebab itu, event tersebut merupakan sebuah peluang yang baik bagi calon pengusaha supaya mendapatkan suntikan dana bagi kelangsungan usahanya.

Menjalin Sebuah Kerjasama

Jika Anda memiliki rekan atau saudara yang memiliki minat berbisnis dalam satu bidang yang sama, cara memperoleh modal usaha ini dapat Anda coba. Rekan bisnis bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal uang ataupun sekaligus membantu operasional bisnis sehari-hari. 

Sebelum kerjasama, ada baiknya jika Anda tuangkan dalam sebuah perjanjian yang telah sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Hal ini wajib untuk mengantisipasi kejadian masa yang akan datang juga agar salah satu pihak tidak merasa ada yang merugi.

Mencari Investor

Hampir sama dengan menjalin sebuah kerjasama kepada partner kerja, cara ini juga efektif membantu kita mendapatkan dana yang berasal dari pihak ketiga. Perbedaannya, biasanya investor hanya memberikan modal dana tanpa mau ikut terjun langsung dalam pelaksanaan operasional. Sama seperti ketentuan di atas, kesepakatan harus tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu yang tidak terduga di kemudian hari.

Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Ke Bank Atau Koperasi

Cara memperoleh modal usaha yang lain adalah dengan mengajukan permohonan pinjaman modal usaha kepada bank atau koperasi. Sebelum melakukan pengajuan ini, biasanya pihak bank maupun koperasi ingin terlebih dahulu mengetahui profil usaha yang akan Anda bangun.

Caranya pun beragam, mereka akan meminta Anda memberikan sebuah proposal pengajuan pinjaman dana ataupun meminta Anda sendiri untuk menyampaikan feasibility study dan menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis.

Jika permohonan Anda deal, selayaknya pinjaman pada umumnya harus melakukan pengembalian biaya dalam jangka waktu tertentu tambah dengan bunga pinjaman yang besarannya sesuai kesepakatan. 

Agar tidak menjadi kendala untuk bisnis yang baru mulai berjalan, sebaiknya menggunakan pinjaman modal kepada bank atau koperasi ini menjadi opsi terakhir ya. Pahami cara memperoleh modal usaha ini.