Peluang Usaha Menguntungkan Porang Mudah Banyak Keuntungannya

Posted on

Peluang usaha menguntungkan porang memang tidak bisa dipungkiri. Akhir-akhir ini porang memang menjadi salah satu peluang bisnis yang memberikan banyak keuntungan. Budidayanya juga sangat populer karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Amorphophallus Muelleri atau lebih dikenal dengan nama Porang, menjadi salah satu tanaman herbal yang memiliki tinggi 1,5 meter. Dengan memiliki tinggi yang demikian, hasilnya menjadi cukup banyak.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha dengan modal yang tidak banyak, tentunya porang menjadi solusi terbaik. Untuk penanaman tanaman ini juga sangat mudah. Porang bisa tumbuh di bawah pepohonan penyangga, seperti halnya pohon jati. Perawatannya juga mudah, jadi Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis tanaman ini.

Peluang Usaha Menguntungkan Porang Mudah Banyak Keuntungannya
Foto: harapanrakyat.com

Cara Mendapatkan Peluang Usaha Menguntungkan Porang

Bagi Anda yang ingin mendapatkan banyak keuntungan dari modal yang tidak seberapa ini, perlu sekali untuk mengetahui bagaimana cara membudidayakannya. Supaya semua keuntungan masuk dalam kantong anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan supaya paham betul mengenai peluang usaha menguntungkan porang ini adalah mengenai syarat supaya tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik.

Ketahui mengenai jenis juga pH tanah yang akan Anda jadikan sebagai media untuk menanam porang tersebut. Hal yang demikian itu memang sangat penting meskipun Amorphophallus Muelleri bisa tumbuh di jenis tanah apa saja. Intinya supaya porang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kemudian juga butuh mengetahui mengenai bagaimana kondisi lingkungan Anda. Supaya bisa mendapatkan porang yang tumbuh dengan baik, maka harus terdapat tanaman lain yang menaunginya. Kerapatan mengenai naungan tersebut minimal 40%. Umumnya naungan tersebut adalah pepohonan jati, mahoni juga sonokeling. Selanjutnya adalah iklim ataupun suhunya.

Cara Menanam Porang yang Baik dan Benar

Pengen mencoba peluang usaha menguntungkan porang, tetapi bingung mengenai bagaimana cara menanam yang baik juga benar? Berikut ini, tutorial menanam yang baik dan benar, simak penjelasan berikut ini.

Pertama, jika Anda sudah memiliki lahan, pastinya tanah harus mengolahnya terlebih dahulu. Soalnya jika tanahnya keras, maka hasil dari tanaman tersebut akan gepeng. Berbeda dengan tanah yang gembur maka hasilnya juga akan bulat dan baik.

Setelah itu, jangan menanam terlalu dalam. Tujuannya adalah supaya hasil dari porang tersebut tetap bagus. Pasalnya jika Anda menanamnya terlalu dalam, maka hasilnya justru akan memanjang seperti singkong. Selain itu, jarak antara Porang yang satu dengan lainnya jangan terlalu dekat. Alasannya adalah, jika Anda menanamnya dengan jarak yang rapat maka perkembangan dan pertumbuhan ubi susah untuk membulat. Jangan lupa juga untuk memberi pupuk.

Keuntungan Bisnis Usaha Porang

Porang merupakan salah satu komoditas unggulan. Perlu menjadi pengetahuan untuk Anda juga bahwa, saat ini harga persatu umbi porang itu kisaran Rp 2.500 sampai Rp 3000. Belum lagi jika Anda mampu untuk membudidayakan dan bisa mengekspor. Sudah pasti akan banyak uang yang bisa Anda panen juga.

Kisah Seorang Miliarder

Seorang masyarakat Jawa Timur bernama Paidi, berhasil menjadi seorang Miliarder berkat Porang. Awalnya Ia hanya seorang pemulung. Ia berhasil menjadi seorang miliarder setelah menekuni usaha porang. Bukan hanya itu saja, Ia juga sudah bisa berangkat Umrah berkat tanaman Amorphophallus Muelleri ini.

Teruntuk yang masih ragu atau belum mengetahui mengenai peluang usaha menguntungkan porang ini, ketahuilah bahwa tanaman ini menjadi salah satu bahan baku untuk membuat tepung, penjernih air, kosmetik, lem ataupun jelly. Wah, banyak sekali fungsi tanaman tersebut. Tak heran juga jika menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Pasalnya sudah pasti perusahaan besar membutuhkan pasokan banyak untuk bahan tersebut. Tanaman porang juga mempunyai nilai strategis guna dikembangkan karena memiliki peluang yang besar untuk diekspor. Saat ini porang bisa ditemukan di hutan saja, masih belum yang mampu untuk membudidayakan. Oh iya, dalam sekali panen saja, Paidi bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp 72 juta. Fantastis bukan? Apakah Anda masih ragu untuk menjadi pelaku peluang usaha menguntungkan porang setelah adanya bukti nyata tersebut?

Belum lagi jika Anda mampu membeli lahan dengan luas satu hektar, keuntungannya akan sangat menakjubkan. Belum lagi jika bisa dua kali panen. Maka Rp 800 juta akan masuk dalam kantong . Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Jika benar-benar tertarik, maka Anda bisa membeli bibit tersebut atau mengambil bahkan meminta dari seseorang yang sudah berhasil membudidayakan tanaman tersebut.

Mudah sekali, Anda hanya butuh untuk memotongnya saja, tanaman dan Ia akan tumbuh sendiri. Jangan lupa Anda rawat juga. Tidak ada salahnya jika anda mencoba peluang usaha menguntungkan porang ini. Tekuni dan miliki semua keuntungannya.